Alat alat laboratorium beserta fungsinya tentunya harus Anda ketahui sebelum masuk dan juga melakukan praktik di dalamnya. Bagi yang belum paham mengenai laboratorium maka tempat ini merupakan sebuah pusat dari semua kegiatan ilmiah yang beragam diantaranya adalah eksperimen, riset atau penelitian dan juga melakukan penelitian.

Sebenarnya ada beberapa jenis jenis laboratorium diantaranya adalah laboratorium biologi, komputer, fisika, kimia dan beberapa laboratorium lainnya. Dalam laboratorium juga punya berbagai alat alat laboratorium dan kegunaannya masing-masing yang berbeda satu sama lain. Semua alat yang ada punya karakteristik yang khas dan juga sesuai dengan kegunaannya.

Alat Alat Laboratorium Beserta Fungsinya

Belajar dan Mengenal Alat Alat Laboratorium Beserta Fungsinya

Gelas Ukur Dan Fungsinya
Fungsi alat alat laboratorium yang pertama adalah alat gelas ukur yang mana memiliki fungsi sebagai alat dalam mengukur jumlah volume dalam larutan, yang dimulai dari volume berukuran 10 mili liter sampai ukuran 2 liter. Gelas ukur memiliki bentuk seperti pipa yang biasnya dibuat dengan bahan dasar plastik atau polypropylene kemudian juga dilengkapi pada bagian bawah yang memiliki bentuk lebar. Bentuk yang lebar ini memiliki tujuan sebagai kaki dalam menyeimbangkan kestabilan dari gelas ukur.

Tabung Reaksi dan Fungsinya
Alat alat yang ada di laboratorium selanjutnya adalah alat tabung reaksi. Alat ini merupakan sebuah peralatan berupa gelas yang dibuat dengan bahan dasar dari kaca maupun plastik. Bentuk dari alat ini berkisar sebesar jari tangan dari manusia.

Tabung reaksi yang ada dalam pun juga beragam dan memiliki bermacam-macam ukuran. Tapi pada dasarnya ukuran yang ada biasnya memiliki diameter 10 hingga 20 yang mana panjangnya berukuran 50 hingga 200 mm.

Setelah mengetahui gambaran singkat mengenai tabung reaksi selanjutnya akan dibahas mengenai fungsi yang ada di dalamnya. Fungsi dari tabung reaksi sendiri adalah digunakan dalam mencampur, menampung dan juga untuk memanaskan jenis bahan kimia yang berbentuk cair maupun padat.

Alat alat laboratorium beserta fungsinya yang utama adalah untuk uji kualitatif. Meskipun memiliki ukuran kecil namun ada juga tabung reaksi dengan ukuran yang besar. Dan tabung reaksi yang berukuran besar disebut dengan “Labu didih”.

Labu Ukur dan Fungsinya
Alat alat laboratorium beserta fungsinya yang selanjutnya akan membahas mengenai alat Labu Ukur yang dalam bahasa inggris memiliki sebutan volumetric Flask. Bahkan tidak jarang orang yang juga mengenal alat ini dengan sebutan labu takar. Labu takar merupakan salah satu alat kimia, yang berguna dalam membuat encer larutan yang mana nantinya bisa mencapai volume tertentu.

Bahan dasar yang digunakan dalam membuat labu takar adalah memakai bahan jenis kaca kemudian dibentuk seperti bentuk labu. Labu ini nantinya dapat dipakai dalam menyisakan beberapa larutan kimia analitik menggunakan konsentrasi serta jumlah dengan kurasi yang tinggi.
Keakuratan dengan ukuran yang tinggi dalam proses ini disebabkan karena oleh leher labu takar dan di sana juga ada sebuah lingkaran dengan gradasi, jumlah volume, toleransi, suhu dari kalibrasi serta jenis kelas gelas. Di bagian leher labu takar pun juga memiliki tanda sebagai batas dalam menunjukkan ukuran dari jumlah volume. Ukuran tersebut dimulai dari ukuran 1 mili liter sampai ukuran 2 liter. Alat alat di laboratorium ini berwarna transparan agar ketika ada reaksi kimia bisa terlihat.

Sebelum memasuki laboratorium tentunya Anda harus tahu alat alat laboratorium beserta fungsinya. Biasanya sebelumnya akan di berikan pengenalan alat alat laboratorium oleh para tutor dengan menggunakan gambar laboratorium beserta beberapa alat dan fungsinya sebagai dasar teori pengenalan alat laboratorium