Arti makna penting bela negara tentunya wajib dimengerti dan juga dimiliki oleh setiap warga negara Indonesia. Semua warga negara Indonesia memang harus selalu membela negara yang dicintai, membela dalam artian buka berarti perang. Namun kita wajib untuk membela negara dari semua ancaman yang ada. Misalnya seperti arus globalisasi dan cara kita dalam menerimanya dan memilah hal yang baik.

Indonesia kini sudah merdeka, dan sudah menjadi kewajiban penerus bangsa dalam mengisi kemerdekaan yang ada dengan cara yang benar. Landasan hukum bela negara ini memang suatu warisan yang diberikan oleh para pejuang dan pendiri bangsa melalui Pancasila dan juga Undang-undang Dasar 1945. Kedua landasan tersebut harus selalu dijadikan pedoman dalam mengisi kemerdekaan yang ada.

PENGERTIAN, DEFINISI, UNSUR, LANDASAN HUKUM, FUNGSI DAN CONTOH USAHA BELA NEGARA DALAM KEHIDUPAN SEHARI HARI

Mengenal Arti Makna Penting Bela Negara Dalam Mengisi Kemerdekaan

Pengertian Bela Negara
Pengertian usaha bela negara adalah suatu sikap dan juga suatu perilaku seorang warga negara Indonesia dan memiliki jiwa yang cinta kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia atau negara NKRI. Sifat kecintaannya terhadap bangsa dan negara ini harus berlandaskan pada unsur bela negara yaitu Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945.
Agar semua warga negara bisa menjamin semua kelangsungan hidup dari bangsa serta negaranya maka bukan hanya sebuah pembelaan negara yang mana semata-mata hanya tugas seorang TNI. Namun semua dan segenap warga negara wajib membela negara sesuai dengan kemampuan serta profesi yang dimiliki dalam.

Wujud Bela Negara
Contoh usaha bela negara yang bisa dilakukan oleh setiap warga negara adalah dengan partisipasi dan keikutsertaan setiap orang dalam berusaha untuk bela negara. Contoh bela negara dalam kehidupan sehari hari bisa diselenggarakan lewat beberapa kegiatan diantaranya adalah kegiatan sebagai berkat:
• Menempuh Pendidikan Kewarganegaraan bagi siswa atau pelajar. Pendidikan Kewarganegaraan merupakan pendidikan yang wajib diterima oleh semua pelajar Indonesia guna usaha dalam bela negara
• Melaksanakan kegiatan pelatihan dasar dalam kemiliteran secara wajib bagi semua warna negara
• Pengabdian yang bisa diaplikasikan sebagai prajurit Tentara Nasional Indonesia yang mana suka sukarela serta secara wajib dalam keikutsertaannya
• Pengabdian semua warga negara yang bisa dilaksanakan seusai dengan profesi yang dimiliki dan tercantum dalam UU No. 3 tahun 2002. Jadi semua warganegara apa pun profesinya wajib untuk mengerti definisi bela negara dan melakukan bela negara

Arti Penting Dalam Bela Negara
Arti makna penting bela negara yang wajib diketahui oleh semua warga negara ini bisa menjadi dorongan dalam belajar mengenai pengertian bela negara dan contohnya yang nantinya bisa digunakan dalam kehidupan sehari-hati. Berikut adalah beberapa arti penting dalam bela negara:
• Sebagai wujud dan syarat jika suatu negara bisa berdiri
• Mampu melindungi kedaulatan negara yang ada
• Berani mempertahankan wilayah negara republik Indonesia bagaimanapun serangan yang akan datang
• Setiap warga negara Indonesia punya kewajiban serta hal yang seimbang dan jelas untuk keikutsertaannya dalam pembelaan negara.

Alasan Setiap Warga Negara Harus Bela Negara
Setelah belajar arti makna penting bela negara maka selanjutnya Anda juga wajib tahu apa alasan yang mengharuskan setiap warga negara harus membela negernya. Berikut adalah alasan bela negara :
• Agar bisa menghormati serta bisa menghargai jasa dari para pahlawan yang pada dahulunya telah berjuang dengan keras dalam memperebutkan kemerdekaan Indonesia
• Agar Negara Indonesia dapat maju dan bersaing dengan negara lainnya
• Agar Indonesia bisa mempertahankan kemerdekaannya dan tidak kembali dijajah

Sebagai warga negara Indonesia memang sudah seharusnya tahu mengenai arti makna penting bela negara yang disampaikan dengar pengertian bela negara menurut para ahli agar kita tahu fungsi bela negara dan mau berjuang bersama dalam membela negara Indonesia

Incoming search terms:

  • arto penting bela negara menurut para ahli