Bagian bagian ginjal beserta fungsinya, wajib untuk kita pahami sebab ginjal merupakan salah satu bagian paling vital pada diri manusia. Pada saat Anda ingin belajar dan mengenali mengenai anatomi ginjal maka bisa mengunduh gambar bagian ginjal dan mulai untuk memahami setiap bagian dari ginjal beserta dengan fungsi utamanya terlebih dahulu.

Pada dasarnya gangguan fungsi ginjal disebabkan karena pola hidup yang kurang sehat dan kurang pemahaman mengenai bagian dan fungsi ginjal yang utama. Struktur ginjal manusia terbagi menjadi 3 bagian diantaranya adalah bagian korteks, bagian medula, dan bagian pelvis renalis.

GAMBAR STRUKTUR DAN POSISI RONGGA GINJAL PADA MANUSIA BESERTA FUNGSINYA

Anda juga melihat dan memahami struktur dan fungsi ginjal dengan menggunakan gambar ginjal beserta keterangannya yang sudah diunduh sebelumnya. Pada bagian ginjal mempunyai spesifikasi yang penting dan memang harus untuk dipelajari secara mendalam.

Tiga Bagian Bagian Ginjal Beserta Fungsinya Yang Wajib Untuk Diketahui

Bagian Korteks Ginjal dan Fungsinya
Pada saat Anda melihat gambar ginjal maka bagian ginjal yang pertama dapat dilihat adalah bagian korteks. Bagian ginjal ini merupakan bagian terluar dari organ ginjal yang berada pada kapsul ginjal dengan medula ginjal. Fungsi utama dari bagian korteks adalah untuk tempat jika terjadi filtrasi maupun ultrafiltrasi.

Pada bagian korteks akan ditemukan jutaan nefron dengan bagian yang terdiri atas badan malphigi. Badan malphigi yang terdapat di nefron ini terdiri atas bagian glomerulus dengan kapsula Bowman yang menyelimutinya. Ada juga beberapa saluran yang terdiri dari saluran tubulus kontortus proksimal dan saluran tubulus kontortus distal.

Fungsi nefron pada ginjal dan terletak di korteks bisa membuat permukaan dari kapiler ginjal menjadi lebih luas. Selain itu juga berperan dalam meningkatkan kemampuan filterisasi dari zat buang.

Baca juga : Gambar Paru Paru Dan Bagiannya

Bagian Medula Dan Fungsinya
Bagian bagian ginjal beserta fungsinya yang kedua adalah bagian medula atau yang sering disebut dengan sumsum ginjal dengan bentuk menyerupai piramid. Bagian utama dari medula terdiri atas 8 hingga 12 piramida renalis. Fungsi ginjal manusia pada bagian ini adalah untuk menyalurkan sisa dari hasil filtrasi yang berasal dari tubulus kolektivus menuju ke kaliks.

Pada saat Anda melihat gambar yang telah di unduh maka pada bagian medula terdapat bagian nefron yang memiliki bentuk memanjang berasal dari bagian korteks. Struktur ginjal manusia bagian nefron yang ada pada medula merupakan lengkung henle serta tubulus kolektivus.

Baca juga : Fungsi Bagian Bagian Jantung

Bagian Pelvis Renalis dan Fungsinya
Bagian bagian ginjal berserta fungsinya yang ketiga adalah pelvis renalis atau yang di kenal dengan rongga ginjal. Rongga ginjal adalah bagian yang paling atas dari ureter dengan bentuk melebar. Fungsi rongga ginjal sendiri adalah sebagai penampung urine yang kemudian akan menyalurkan urine ke kandung kemih maupun vesika urinaria dengan saluran ureter.

Dan di dalam bagian kandung kemih, urine yang sudah disimpan maka untuk sementara waktu di dalamnya. Sebelum pada akhirnya urine yang telah tersimpan akan dikeluarkan dari tubuh dengan bantuan uretra sebagai sistem ekskresi pada ginjal dan juga menunjukkan fungsi ginjal sebagai alat ekskresi.

Posisi ginjal pada tubuh manusia berada pada bagian perut atas sebelah kiri pada manusia. Dan jika pola hidup yang salah maka akan sangat besar peluang untuk terjadinya kelainan pada ginjal atau sering dikenal dengan kegagalan fungsi dari ginjal. Oleh sebab itu Anda juga mengetahui bagian bagian ginjal beserta fungsinya agar tahu bahaya dari pola hidup yang tidak sehat, sehingga Anda akan lebih berhati-hati dalam menjaga pola hidup agar ginjal yang ada tetap sehat dan bekerja dengan normal

Incoming search terms:

  • gambar ginjal manusia
  • gambar bagian bagian ginjal
  • gambar ginjal
  • gambar ginjal manusia beserta fungsinya
  • gammar geinuqj