Globalisasi tidak bisa dilepaskan dalam sistem kehidupan di masyarakat. Secara umum, pengertian globalisasi menurut Martin Albrow adalah suatu proses mengenai pelebaran pada elemen-elemen yang berkaitan dengan gaya hidup, pola hidup masyarakat, dan lainnya yang berpotensi untuk mengubah kebiasaan lama dari masyarakat setempat. Tentu saja, banyak contoh globalisasi dalam kehidupan sehari hari yang bisa kita temui yang secara tidak langsung akan mengubah pandangan kita terhadap kehidupan.

PENGERTIAN, CONTOH, HAKIKAT, ARTI PENTING, PENGARUH, DAMPAK GLOBALISASI DALAM KEHIDUPAN SEHARI HARI

Di sadari atau tidak, perkembangan globalisasi dewasa ini sangat pesat dan cepat. Bahkan, dunia bersepakat bahwa era globalisasi adalah salah satu hal yang membuat pola kehidupan di masyarakat menjadi lebih beragam dan lebih maju sehingga masyarakat terlepas dari belenggu konservatif. Pada kesempatan ini, kita akan membahas beberapa hal mengenai macam macam globalisasi dan beberapa contohnya.

Perubahan Gaya Hidup
Salah satu contoh nyata dari pengaruh globalisasi di masyarakat adalah perubahan gaya hidup masyarakat. Perlu dipahami bahwa hakikat globalisasi adalah perluasan mengenai elemen dari kehidupan. Dengan demikian, arus globalisasi yang pesat akan mengganti elemen-elemen kehidupan masyarakat yang sudah paten dan dilakukan oleh masyarakat sejak lama.

Sebagai contoh, dampak globalisasi dalam perubahan gaya hidup masyarakat adalah selera fashion yang berubah. Dewasa ini, sering kita lihat banyak sekali model baju yang beredar di pasaran yang sebenarnya merupakan model dari negara lain. Selain model baju, beralihnya pola konsumsi masyarakat pada fast food atau makanan cepat saji juga dapat dianalisis sebagai dampak dari globalisasi.

Hilangnya Border Antar Negara
Hal lain yang merupakan contoh globalisasi dalam kehidupan sehari hari adalah hilangnya batas negara. Kita tentu tahu bahwa untuk berhubungan jarak jauh, dulu kita harus mengarungi lautan atau daratan yang luas selama berbulan-bulan lamanya. Namun, globalisasi menghilangkan hal tersebut dengan sangat cepat. Dengan adanya program komunikasi yang baru, kita bisa berkomunikasi dengan orang lain di negara yang berbeda hanya dengan telepon atau internet.

Salah satu penyebab terjadinya globalisasi dalam bidang komunikasi adalah adanya keperluan untuk mendapatkan waktu yang lebih efisien dan juga kemudahan untuk berkomunikasi. Namun, hal ini tidak terlepas dari dampak negative globalisasi. Salah satu contoh dampak negatif globalisasi dalam kaitannya dengan komunikasi adalah persebaran konten-konten yang tidak senonoh yang bisa didapatkan dengan mudah.

Baca juga : Pengaruh Globalisasi Di Bidang Politik

Penyerapan dan Berbaur nya Tradisi
Sebagaimana kita tahu, pada hakikatnya, pengertian dari globalisasi adalah perluasan elemen dari kehidupan. Dalam perkembangannya, globalisasi juga berperan dalam proses penyerapan tradisi. Salah satu contoh globalisasi dalam kehidupan sehari hari adalah berbaur nya tradisi dari luar yang terserap.

Contoh paling nyata adalah banyaknya remaja yang meniru budaya dari luar negeri. Banyak hal yang secara tidak langsung mengubah pola pandang dan pola pikir kalangan muda, seperti budaya untuk merayakan Valentine, budaya untuk merayakan ulang tahun, budaya April Mop, dan pola kesukaan mereka terhadap drama korea. Tentu, kita harus berhati-hati dan memilah dengan bijak hal-hal baru tersebut. Dalam hal ini, sikap kita terhadap globalisasi adalah tetap terbuka namun tetap selektif dan tidak kehilangan identitas diri.

Beberapa poin di atas menjelaskan secara singkat mengenai pengertian globalisasi dan contohnya. Memang, ada banyak contoh globalisasi dalam kehidupan sehari hari contoh globalisasi dalam kehidupan sehari hari yang menghiasi kehidupan kita dengan sangat kompleks. Namun, globalisasi tetap membawa dampak positif, terutama bagi Indonesia.
Salah satu arti penting globalisasi bagi bangsa Indonesia adalah semakin berkembangnya pola pikir masyarkat terkait hal baru yang membuat kehidupan akan lebih berwarna. Coba lihat beberapa contoh gambar globalisasi yang ada di internet untuk mempelajari globalisasi lebih lanjut