Globalisasi seringkali diartikan sebagai proses kemajuan dalam perkembangan dunia. Banyak hal di dunia ini terpengaruh dengan adanya pembaruan bernama globalisasi, tak terkecuali dalam bidang politik.

Politik yang menjadi poros dalam pemerintahan negara terkena imbas pembaruan dimana sistem politik yang mengedepankan keterbukaan, humanisme dan demokrasi dianggap sebagai sistem yang maju. Ada banyak contoh globalisasi di bidang politik yang mungkin secara tidak sadar kita rasakan.

Sebagai salah satu sistem yang paling penting dalam bernegara, perubahan yang terjadi pada bidang politik yang disebabkan oleh globalisasi secara langsung maupun tidak langsung akan berpengaruh pada pola kehidupan masyarakat. Dalam hal ini, kita akan membahas beberapa contoh globalisasi dalam bidang politik berikut dampaknya bagi pola dan kehidupan masyarakat secara umum.

CONTOH PENGARUH & DAMPAK POSITIF DAN NEGATIF GLOBALISASI DALAM BIDANG POLITIK

Contoh Globalisasi Di Bidang Politik Dan Dampaknya Bagi Masyarakat

Membentuk Sistem Politik
Salah satu contoh globalisasi bidang politik yang paling nyata adalah terbentuk sistem politik di dalam suatu negara. Globalisasi seringkali dikaitkan dengan sistem kebebasan dalam berpolitik. Jika dilihat sekilas, tentu ini merupakan salah satu dampak positif dari globalisasi bagi kemajuan sistem politik di dunia.

Contoh dari pembentukan sistem politik adalah demokrasi. Demokrasi mengubah sistem politik negara yang sebelumnya monarki menjadi lebih terbuka dengan asas kerakyatan. Demokrasi, meskipun tentu masih terdapat banyak kekurangan, dianggap sebagai salah satu buah positif globalisasi demi sistem politik yang lebih terbuka.

Baca juga : Contoh Globalisasi Dalam Kehidupan Sehari-hari

Peningkatan Hubungan Diplomatik Antar Negara
Hal lain yang bisa di klaim sebagai bentuk pengaruh globalisasi di bidang politik adalah peningkatan hubungan diplomatik antar negara. Tidak di pungkiri memang, dengan adanya banyak negara di dunia, hubungan antar negara merupakan hal yang tidak terelakkan untuk terjadi. Adanya globalisasi secara khusus mempengaruhi hubungan antar negara tadi.

Globalisasi seringkali dianggap sebagai jalan masuk dari kebudayaan negara lain yang bisa diserap oleh negara yang berbeda. Sebagai salah satu contoh globalisasi di bidang politik terkait dalam hubungan diplomatik adalah transfer pandangan-pandangan politik dalam mengatasi permasalahan dunia. Dengan pikiran terbuka tersebut, sistem pemerintahan dalam suatu negara tidak akan stagnan dan cenderung melakukan inovasi yang diperlukan. Tentu, ini merupakan dampak positif globalisasi dalam bidang politik yang perlu di apresiasi.

Meningkatkan Partisipasi Rakyat dalam Pemerintahan
Hal lain yang merupakan contoh globalisasi di bidang politik adalah meningkatnya partisipasi rakyat dalam pemerintahan. Era globalisasi sering diarahkan pada era keterbukaan dan pemerintahan yang lebih modern. Jika dilihat secara cermat, ini adalah dampak positif dan negatif globalisasi di bidang politik dalam suatu sistem pemerintahan.

Dampak positif jika dilihat dari partisipasi rakyat yang meningkat dan aktif dalam pemerintahan sehingga mereka bisa ikut mengontrol pemerintahan yang sedang berkuasa. Namun, jika dilihat dari sisi lain terdapat pula dampak negatif. Dampak negatif yang paling terasa dari hal ini adalah sistem pemerintahan yang rawan akan interupsi dari rakyat sendiri. Tentu, pemerintahan bisa saja akan berjalan dengan tidak stabil karena banyaknya masukan-masukan.

Dari beberapa penjelasan tersebut, ada beberapa contoh globalisasi di bidang politik yang secara sistematis akan mengubah paradigma pemerintahan yang ada. Tentu, ada beberapa dampak positif dan negatif globalisasi dalam bidang politik yang secara langsung akan berpengaruh pada pola kehidupan masyarakat yang mendiami wilayah.

Untuk mengetahui dampak globalisasi dalam bidang politik secara lebih mendalam, silahkan download CONTOH MAKALAH GLOBALISASI DALAM BIDANG POLITIK.

Semoga penjelasan ini dapat menjadi sumber inspirasi yang bermanfaat.