Manusia telah diberi anugerah oleh Tuhan dengan adanya organ tubuh yang sempurna baik di dalam ataupun di luar tubuh itu sendiri. Berbagai macam organ tersebut mempunyai bentuk yang sesuai dengan fungsinya.
Beberapa organ tersebut memiliki peran penting dalam setiap proses yang terjadi pada tubuh manusia, termasuk organ organ pencernaan manusia.

Sistem pencernaan adalah proses yang terbilang rumit dan panjang sehingga akan melibatkan banyak organ penting di dalam fungsi alat pencernaan.
Pencernaan pada tubuh manusia meliputi pencernaan mekanik dan kimiawi. Pencernaan mekanik merupakan proses pengubahan makanan dari bentuk yang kasar menjadi bentuk kecil dan halus. Proses ini dilakukan di dalam rongga mulut,

Sedangkan proses kimiawi yakni perubahan makanan dari zat yang kompleks menjadi berbagai zat-zat yang jauh lebih sederhana dengan enzim, yang terjadi dari mulut, lambung, hingga usus. Enzim merupakan zat kimia yang telah dihasilkan oleh tubuh yang memiliki fungsi dalam mempercepat reaksi-reaksi kimia dalam tubuh.

Baca juga : Fungsi Sistem Ekskresi Pada Manusia

Berikut Ini Fungsi Dan Sistem Organ Pencernaan Manusia

Mulut

Mulut merupakan organ yang menyusun sistem pencernaan makanan yang mempunyai tugas dalam proses pencernaan makanan. Fungsi utama dari mulut yakni menghancurkan makanan sehingga ukurannya jauh lebih kecil agar dapat ditelan ke dalam perut.

Proses pencernaan dimulai sejak makanan masuk ke rongga mulut. Di dalam mulut terdapat beberapa alat yang dapat membantu dalam proses pencernaan makanan pada manusia secara singkat.

Kerongkongan

Kerongkongan merupakan saluran yang akan menjadi penghubung antara rongga mulut dengan lambung. Fungsi dan sistem organ pencernaan manusia satu ini yakni untuk menyalurkan makanan menuju lambung. Kerongkongan mempunyai dua bagian, yakni bagian faring serta esophagus.

Lambung
Organ yang dikenal dengan sebutan lambung merupakan kantong besar yang berada di sebelah kiri rongga perut sebagai tempat untuk terjadinya sejumlah dari proses pencernaan manusia. Menurut salah satu sumber, makanan yang bisa ditampung oleh lambung berjumlah 1 hingga 2 liter makanan saja.

Pada bagian dinding lambung tersusun dari beberapa otot polos dalam sistem pencernaan dan fungsinya sebagai penggerus makanan. Otot-otot ini nantinya akan memecah makanan lalu mencampur makanan dengan getah lambung tersebut.

Usus Halus
Fungsi dan sistem organ pencernaan manusia selanjutnya yakni usus halus. Usus halus mempunyai panjang kira-kira 6 hingga 8 meter. Usus halus terbagi menjadi tiga bagian yaitu duodenum atau usus dua belas jari yang mempunyai panjang kurang lebih 25 cm, jejunum atau lebih dikenal dengan usus tengah yang mempunyai panjang kurang lebih 2,5 meter.

Lalu yang terakhir adalah ileum atau usus penyerapan yang mempunyai panjang kurang lebih sekitar 3,6 meter. Penyerapan air pada sistem pencernaan manusia terjadi di dalam usus ini.

Usus 12 jari
Pada organ satu ini akan bermuara saluran getah pankreas hingga saluran empedu. Nantinya pankreas ini akan menghasilkan getah pankreas yang tengah mengandung berbagai enzim.

Kantong empedu ini mempunyai fungsi dalam menyimpan cairan empedu yang akan dihasilkan dari hati. Cairan empedu ini mempunyai kandungan garam empu dan zat warna empedu. Garam empedu itu sendiri berfungsi untuk mengemulsi lemak.

Usus besar
Fungsi dan sistem organ pencernaan manusia ini berkaitan dengan proses pembusukan, Proses pembusukan di dalam usus besar akan dibantu oleh bakteri yang disebut dengan Escherichia coli.

Sisa makanan tersebut yakni seperti air dan garam mineral yang akan diserap kembali oleh usus. Setelah itu, sisa makanan yang tak dapat diserap lagi atau sudah habis nutrisinya, maka akan dikeluarkan dalam bentuk feses atau dikenal dengan tinja.

Anus
Anus merupakan gambar alat pencernaan yang menjadi ‘pintu terakhir’ pada proses panjang pencernaan makanan. Fungsi dan sistem organ pencernaan manusia ini sebagai alat pembuangan feses. Feses yang sudah terbentuk akan didorong dengan gerak peristaltik supaya bergerak ke poros urus atau rectum.

Baca juga : Organ Pernapasan Beserta Fungsinya

Itulah beberapa organ pada sistem pencernaan manusia. Maka dari itu, Anda harus menjaga kesehatan pencernaan untuk mencegah adanya kelainan sistem pencernaan manusia