Fungsi darah pada manusia memang sangat beragam, namun akan lebih baik jika mengetahui lebih dulu mengenai darah. Pembuluh darah yang terdapat dalam sistem peredaran darah manusia merupakan sebuah cairan tubuh yang memiliki beberapa komposisi. Komposisi darah pada manusia yaitu plasma darah, sel darah putih dan sel darah merah yang beredar pada pembuluh darah manusia.

Fungsi Darah Pada Tubuh Manusia

Sebagian besar komponen komponen darah terdiri atas sel darah merah dengan memiliki fungsi sebagai pengangkut oksigen pada seluruh tubuh yang paling dibutuhkan manusia. Oleh sebab itu darah fungsi darah secara umum adalah yang paling vital pada tubuh. Namun bagi beberapa orang yang kekurangan darah tentunya akan merasa lemas sebab tidak memiliki asupan oksigen yang berfungsi menghasilkan energi.

Fungsi Darah Pada Manusia Yang Wajib Untuk Diketahui

Mengedarkan Sari Makanan
Seperti yang telah diketahui di awal bahwasanya bagian darah yang cair disebut dengan pembuluh darah yang akan dilewati oleh alat pernafasan manusia. Dengan adanya nadi yang terdapat pada tubuh maka akan mengalirkan dan juga menyebarkan sari makanan dari serapan oksigen dan juga beberapa kandungan lainnya. Kemudian nantinya tubuh akan mendapatkan sari makanan yang cukup.

Mengangkut Oksigen atau O2
Salah satu fungsi darah adalah mengangkut oksigen dan karbondioksida, oksigen yang diperoleh pada saat Anda menghirup udara bebas dari luar sana, nantinya akan ditangkap lewat hidung. Kemudian dengan cara kerja hidung yang menyaring dengan udara menggunakan bulu hidung, selanjutnya udara yang masuk akan disalurkan ke pembuluh darah.

Melalaui bagian bagian darah dan fungsinya yaitu pada bagian pembuluh darah nantinya udara yang diserap akan mengalir ke semua bagian tubuh manusia. Yang mana akan dimulai dari menghirup udara hingga ke jantung kemudian dari jantung akan disalurkan dan disebar pada semua bagian tubuh.

Mengedarkan Hormon
Fungsi darah pada manusia tidak hanya mengedarkan darah ke jantung kemudian dibawa ke semua bagian tubuh. Namun ternyata darah juga akan mengedarkan hormon yang disebabkan karena adanya rangsangan maupun stimulus yang berasal dari dalam diri manusia.

Struktur jaringan darah yaitu kelenjar eksokrin mengambil hormon yang tidak memiliki manfaat kemudian akan dibuang lewat saluran khusus. Biasanya hormon yang dibuang dihasilkan melalui hasil sekresi. Namun beberapa jumlah darah dalam tubuh membawa hormon-hormon tersebut menggunakan saluran biasa, dalam artian tidak melewati aliran khusus yang akan dibutuhkan kelenjar eksokrin.

Menjaga Kestabilan Dari Suhu Tubuh
Fungsi darah pada manusia yang selanjutnya adalah menjaga agar temperatur atau suhu tubuh agar selalu stabil di suhu 36 derajat hingga 37 derajat celcius. Suhu tubuh dipengaruhi karena adanya kondisi luar lingkungan namun akan dijaga oleh sistem dari struktur darah yang beredar.
Hal ini bisa terjadi karena panas tubuh berasal dari proses oksidasi yang bisa dialirkan dengan baik ke semua bagian tubuh lewat sistem peredaran darah. Dengan demikian jika proses oksidasi dapat berjalan dengan baik, maka energi panas bisa disebarkan dengan baik dan merata ke seluruh bagian tubuh.

Menyembuhkan Luka
Letak jaringan darah yang dinamakan trombosit memiliki peran dalam pengobatan apabila ada kulit ari kita yang terluka. Pada saat terdapat luka maka trombosit akan memberikan enzim trombokinase yang berfungsi untuk mengganti protrombin jadi trombin dengan pertolongan dari vitamin K dan juga Ca. Jika Anda masih penasaran dengan gambar jaringan darah maka bisa mencarinya di beberapa referensi.

Baca juga : Fungsi Organ Pencernaan Manusia & Fungsi Organ Pernpasan Manusia

Kini pertanyaan apa fungsi darah bagi tubuh kita, bisa segera Anda jawab. Sebab pada dasarnya fungsi darah pada manusia sangat banyak untuk kelangsungan hidup dari manusia itu sendiri.