Berbagai organ pernapasan harus Anda jaga demi berlangsungnya proses pernafasan yang sehat. Suatu proses pertukaran gas antara makhluk hidup (organisme) dengan keadaan lingkungannya dikenal dengan proses bernapas.

Gas yang Anda hirup merupakan gas oksigen sedangkan gas yang Anda hembuskan merupakan gas karbondioksida. Selain memperoleh oksigen, proses bernapas pun akan membuat tubuh manusia dapat menghasilkan energi yang dibutuhkan untuk proses kehidupan.

ORGAN ORGAN PERNAPASAN BESERTA FUNGSINYA

Sistem organ pernapasan kerap disebut proses respirasi. Setiap manusia akan bernapas dengan bantuan berbagai organ pernapasan atau alat alat pernapasan manusia yang mempunyai fungsi sebagai tempat berlangsung nya proses bernapas pada manusia.

Berikut Ini Organ Organ Pernapasan Beserta Fungsinya Pada Manusia

Hidung
Urutan pernapasan manusia yang pertama yakni hidung. Hidung masuk kategori organ pernapasan yang paling luar. Udara dari luar yang akan masuk ke dalam tubuh pasti melalui hidung. Udara dari luar tak hanya mengandung oksigen namun akan mengandung berbagai gas lain seperti nitrogen, belerang, hingga karbondioksida.

Organ organ pernapasan beserta fungsinya salah satunya termasuk hidung yang sudah dilengkapi dengan rambut-rambut hidung, indra pembau, selaput lendir hingga konka. Rambut-rambut hidung ini mempunyai fungsi sebagai alat untuk menyaring debu-debu yang akan masuk ke dalam hidung bersama dengan udara yang Anda hirup.

Faring
Organ pernapasan faring merupakan persimpangan jalan masuk udara serta makanan. Keberadaan faring tepat didepan tulang leher yang langsung berhubungan dengan rongga hidung, rongga telinga tengah hingga laring. Singkatnya faring merupakan persimpangan antara rongga mulut ke kerongkongan beserta hidung ke tenggorokan.

Fungsi alat pernapasan faring yakni sebagai saluran pencernaan untuk membawa makanan masuk ke dalam kerongkongan. Organ satu ini mempunyai beberapa peran yakni pada proses masuknya udara ke dalam pita suara demi menghasilkan suara. Faring pun menjadikan manusia mungkin agar bernapas melalui mulut.

Tenggorokan
Organ organ pernapasan beserta fungsinya selanjutnya yakni tenggorokan. Tenggorokan merupakan saluran yang dapat menghubungkan antara hidung dengan paru-paru. Karena itu, udara yang masuk melalui hidung bisa dialirkan ke dalam paru-paru.

Organ satu ini terdiri dari beberapa bagian yang dimulai dari anak cabang batang tenggorokan (bronkiolus), cabang tenggorokan (bronkus), batang tenggorokan (trakea), dan pangkal tenggorokan (laring)

Paru-paru

Organ paru masuk dalam kategori organ paling besar yang terdapat dalam sistem pernapasan manusia. Anda pasti sudah mengetahui dimana letak paru-paru. Paru-paru mempunyai letak di rongga dada manusia.

Antara rongga dada dengan rongga perut terdapat sebuah pembatas yang dikenal dengan diafragma. Organ organ pernapasan beserta fungsinya ini yang akan memasukkan udara ke dalam paru-paru (inspirasi) hingga mengeluarkan udara dari paru-paru (ekspirasi).

Organ pernapasan beserta fungsinya ini telah dibungkus oleh alat pernapasan manusia terdiri dari selaput tipis yang kerap disebut pleura. Lapisan luar pleura ini akan melekat pada rongga dada hingga pleura bagian dalam melapisi paru-paru dalam menggabungkan organ-organ di dalam paru-paru.

Di antara alat pernapasan manusia tersebut terdapat cairan limfa yang mempunyai fungsi untuk melindungi paru-paru dari gesekan ketika mengambang serta mengempis. Paru-paru ini termasuk 3 organ utama dalam pernapasan manusia.

Alveolus
Alat alat pernapasan pada manusia satu ini mempunyai ujung bronkus yang terdapat gelembung-gelembung kecil berisi udara yang dikenal dengan alveolus. Pada berbagai gelembung ini akan terjadi proses pertukaran gas oksigen dengan gas sisa metabolisme (karbondioksida) dengan keberadaan dinding alveolus. Dinding alveolus ini telah dilapisi oleh berbagai sel tipis yang banyak mengandung pembuluh darah kapiler.

Pertukaran gas akan terjadi dengan mekanisme difusi yakni perpindahan suatu zat melalui sebuah selaput atau dinding. Sistem pernapasan manusia dan fungsinya oksigen yang terdapat di dalam alveolus akan diserap oleh pembuluh kapiler kemudian ditukar dengan gas karbondioksida. Gas sisa ini nantinya akan dikeluarkan dari dalam tubuh dengan organ hidung.

Itulah penjelasan mengenai anatomi saluran pernapasan. Dengan begitu, diharapkan Anda dapat menjaga organ-organ penting ini untuk meningkatkan kinerja pada pernafasan Anda