Pengertian anatomi fisiologi tubuh manusia merupakan hal awal yang harus dipahami dengan baik ketika hendak belajar mengenai tubuh manusia secara menyeluruh. Dengan memahami pengertian anatomi dan fisiologi, tentu kita akan bisa membedakan beberapa bagian tubuh manusia dengan lebih cermat dan lebih terstruktur dengan sangat baik.

Memang, anatomi dan fisiologi berasal dari kata yang berbeda. Namun, pada cara kerjanya, anatomi dan fisiologi memiliki pemahaman yang sama yakni sama-sama mempelajari bagian tubuh dari manusia secara terpisah.

GAMBAR ANATOMI FISIOLOGI MANUSIA SEPERTI TELINGA, OTAK, HATI, DARAH, PARU, TULANG, KEPALA, TANGAN, JANTUNG

Untuk penjelasan lebih lanjut, mari kita simak beberapa pembahasan di bawah ini.

Pengertian Secara Lengkap
Anatomi secara keilmuan adalah ilmu yang mengenali struktur tubuh. Berasal dari kata ana dan tome, anatomi berarti mempelajari struktur tubuh manusia dengan cara terpisah antara bagian satu dengan bagian yang lainnya. Sedangkan fisiologi adalah ilmu yang mempelajari fungsi dari tubuh manusia. Secara singkat bisa dibedakan bahwa fisiologi lebih fokus pada pembahasan fungsi, seperti reproduksi, neurophysiology dan kardiofisiologi.

Dengan batasan pengertian sebagaimana di atas, kita bisa mengambil kesimpulan bahwa anatomi fisiologi adalah ilmu yang mempelajari tentang bagian atau struktur tubuh manusia secara umum dan dilengkapi dengan fungsi dari masing-masing struktur tersebut. Tentu, pembahasan ilmu ini akan lebih terperinci dan bisa membantu mengenali bagian tubuh dengan lebih baik.

Tingkatan Organisasi
Pembahasan mengenai pengertian fisiologi manusia harus diperluas hingga pada pembahasan mengenai tingkatan organisasi di dalam tubuh manusia. Perlu diketahui bahwa tubuh manusia dapat dikelompokkan menjadi beberapa tingkatan organisasi dimana setiap organisasi tentu akan mempengaruhi kinerja dari organ tubuh tersebut.

Tingkat pertama dalam pembahasan mengenai pengertian anatomi fisiologi tubuh manusia adalah tingkat molekul atau kimia. Tingkatan ini dibentuk oleh atom sebagai unit terkecil. Contoh dari tingkatan ini adalah molekul kompleks protein.

Tingkatan kedua adalah tingkat seluler yang berisi beberapa interaksi dari molekul yang akan membentuk sel-sel di dalam tubuh. Tingkat selanjutnya adalah jaringan. Jaringan adalah bagian dari anatomi fisiologi integumen yang terdiri dari sel-sel. Contoh dari jaringan ini adalah jaringan otot.
Pada tingkat yang lebih tinggi, ada tingkatan organ. Organ merupakan tingkatan yang terdiri dari beberapa jaringan. Di dalam tubuh manusia ada beberapa anatomi fisiologi organ yang penting untuk diketahui. Contoh dari bagian ini adalah anatomi fisiologi kepala, anatomi fisiologi hati, anatomi fisiologi telinga dan lainnya.

Selain itu, pada tingkatan yang paling tinggi adalah sistem. Sistem merupakan kumpulan organ yang akan membantu manusia untuk mempertahankan eksistensinya. Salah satu contoh dari kumpulan organ adalah anatomi fisiologi tulang yang terdiri dari tulang anggota gerak, tulang belakang, dan lainnya.

Sistem yang Terbentuk
Dalam usaha mempertahankan kehidupan, tubuh manusia akan menyediakan sistem yang bisa menanggung kehidupannya. Dalam pembahasan mengenai pengertian anatomi fisiologi tubuh manusia, memahami sistem yang ada merupakan hal yang cukup penting. Setidaknya, ada dua materi anatomi fisiologi yang membentuk sistem yang harus dipahami.

Sistem pertama adalah sistem pernapasan. Sistem ini terintegrasi dengan anatomi fisiologi paru paru yang akan memberikan kemampuan pada tubuh untuk menghirup oksigen dan mengeluarkan karbondioksida. Selain itu, sistem tubuh yang juga penting adalah sistem pencernaan. Sistem ini terintegrasi dengan organ-organ perut, seperti lambung, usus, dan pankreas. Namun, dalam kinerjanya, sistem ini terintegrasi dengan anatomi fisiologi darah terutama untuk penyebaran hasil pencernaan.

Tentu, penjelasan di atas harus lebih dilengkapi dengan referensi lain mengenai pengertian anatomi fisiologi tubuh manusia dan hal di sekelilingnya. Dengan memahami beberapa istilah anatomi fisiologi, anda tentu akan memahami sistem ini dengan lebih baik.