Pengertian Dan Kelompok Hewan Vertebrata dapat kita pelajari di sekolah pendidikan pada umumnya. Hewan vertebrata sendiri merupakan hewan bertulang belakang dan memiliki struktur tubuh yang lebih sempurna dari hewan invertebrata.

Hewan vertebrata memiliki susunan sebagai tempat untuk berkumpulnya sel saraf. Susunan tersebut memiliki perpanjangan kumpulan saraf dari otak. Tali tersebut tidak dimiliki dan tidak bertulang belakang. Memiliki sistem peredaran darah pada hewan vertebrata tersebut dan cara kerjanya sempurna, karena darah berpusat di organ jantung bersama pembuluh lainnya.

CONTOH GAMBAR YANG TERMASUK KELOMPOK HEWAN VERTEBRATA ATAU BERTULANG BELAKANG

Tidak sedikit pertanyaan yang muncul dari apa yang dimaksud hewan vertebrata? hewan vertebrata ini merupakan hewan yang tidak memiliki punggung atau tulang belakang. Arti vertebrata sendiri merupakan subfilum dari chordate dan mencakup semua hewan dengan tulang belakang tersusun.

Sedangkan kelompok hewan vertebrata atau filum vertebrata terdiri dari:
• Pisces atau ikan
• Amfibi
• Reptilia
• Aves
• Mamalia

Pengertian dan kelompok hewan vertebrata Pisces biasanya mulai dari ikan tak berahang, ikan bertulang rawan dan ikan bertulang keras. Contoh vertebrata ini cukup banyak seperti belut laut, ikan hiu, ikan pari dan ikan cucut.

Sedangkan amfibi merupakan hewan yang hidupnya ada di 2 alam, darat dan air. Reptilia bernafas menggunakan paru paru dan tubuhnya tertutup oleh zat tanduk dan kulit bersisik. Mamalia merupakan hewan vertebrata yang memiliki kelenjar susu, rambut dan bukan bulu. Jadi hewan vertebrata yang tidak masuk kelas mamalia mulai burung, ikan, kadal, ular, kura-kura dan buaya.

Ciri Umum Vertebrata
Vertebrata sendiri memiliki peranan, termasuk ciri umum. Memiliki manfaat dalam kehidupan manusia. Ciri umum ini juga tergantung dari kelompok vertebrata itu sendiri.
Pengertian dan kelompok hewan vertebrata Pisces termasuk nama hewan vertebrata yang memiliki ciri-ciri berdarah dingin, bernafas dengan insang, tubuh terdiri atas kepala, rangkanya tersusun dari tulang sejati, tubuhnya ditutupi sisik, memiliki gurat sisi, jantungnya terdiri dari 1 serambi dan 1 bilik.

Peranan vertebrata kelompok ini seperti:
• menjadi sumber protein hewani
• minyak sebagai sumber vitamin A
• sebagai peliharaan

Pada amfibi memiliki ciri-ciri tubuh yang diselubungi kulit berlendir, berdarah dingin, memiliki jantung dengan 3 ruangan, memiliki 2 pasang kaki, matanya terdapat selaput, pernafasan dengan insang atau paru-baru dan berkembang biak melepaskan telur. Kelas vertebrata amfibi ini memiliki peranan di kehidupan manusia sebagai sumber protein hewani dan sebagai pengendalian hama alami.

Sistem Pencernaan Vertebrata
Organ pencernaan pada hewan vertebrata ini sesuai dengan kelompoknya. Sistem ekskresi pada hewan vertebrata biasanya berupa insang, kulit dan ginjal. Untuk sistem pencernaan pada ikan berada di rongga mulut, di rongga mulut tersebut terdapat gigi berbentuk kerucut. Terdapat juga hati dan kantong empedu yang memiliki fungsi masing-masing.

Sama dengan Pengertian dan kelompok hewan vertebrata, fungsi hati juga sangat penting. Dapat menghasilkan empedu yang disimpan dalam kantong empedu untuk membantu proses pencernaan lemak. Sedangkan kantong empedu berfungsi untuk menyimpan empedu dan akan disalurkan ke usus. Sistem pencernaan pada kelompok amfibi biasanya hampir sama dengan ikan. Terdiri dari saluran pencernaan dan kelenjar pencernaan.

Untuk sistem pencernaan kelompok reptil terdiri dari saluran pencernaan dan kelenjar pencernaan. Tapi sistem pencernaan pada hewan memamah biak biasanya lebih panjang dan kompleks. Sedangkan fertilisasi yang terjadi pada hewan vertebrata biasanya terjadi secara eksternal, sel kelamin jantan dan sel ovum akan menyatu dalam tubuh induk betina

Incoming search terms:

  • Contoh hewan vertebrata memiliki tulang belakang yang mudah