Dalam cabang olahraga bola voli, terdapat beberapa Peraturan permainan bola volly yang harus Anda ketahui. Pastinya, hal ini akan meningkatkan wawasan Anda, hingga melatih Anda agar menjadi pemain yang profesional.

Untuk peraturan permainan bola voli dalam standar internasional harus ada sebuah organisasi yang nantinya akan menjadi tolak ukur sebagai standar untuk pengambilan sebuah keputusan.
Aturan dalam permainan bola voli internasional akan diawasi oleh FIVB (Federation Internationale De Volleyball) yang merupakan induk organisasi internasional dari olahraga bola voli, sedangkan aturan main bola voli Indonesia akan dinaungi oleh PBVSI (Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia).

DOWNLOAD PERATURAN PERATURAN DAN ATURAN PERMAINAN DALAM BOLA VOLI TERBARU

Berikut Peraturan Permainan Bola Volly Yang Harus Anda Ketahui:
1. Peraturan lapangan bola voli
Dalam persoalan lapangan mengenai permainan bola voli yakni akan berbentuk empat persegi panjang dengan ukurannya yaitu Lebar 9 m, panjang 18 m, dan lebar garis 5 cm.

2. Jaring net
Jaring net dalam peraturan permainan volly yakni mempunyai panjang 9,5 meter, lebar 1,00 meter dan lebar jaring 10 cm. Lalu pada bagian atas net wajib menaruh pita putih dengan lebar 5 cm. Tinggi jaring net untuk pemain putra yakni 2,43 cm, sedangkan putri 2,24 cm. Pada kedua tepi net ini harus dipasang antena yang letaknya lurus di atas garis lapangan bola voli.

3. Bola voli
Peraturan permainan bola volly ini harus dengan bahan kulit yang lunak atau bahan lain yang sejenis, bentuk bola pun harus yang sempurna dengan bahan dalamnya terbuat dari karet. Lalu warna pada bola haruslah terang seperti warna putih.

4. Kelengkapan pemain
Peraturan dalam permainan bola voli selanjutnya yakni para pemain harus menggunakan kostum olahraga dengan nomor punggung dan dada, lalu mengenakan celana pendek dan menggunakan sepatu olahraga.

5. Jumlah pemain bola voli
Jumlah pemain dalam satu tim atau regu dalam permainan ini harus berjumlah 6 orang beserta pemain cadangan dengan jumlah yang sama.

6. Pergeseran permainan
Dalam Peraturan permainan bola volly pergeseran area pemainnya harus searah dengan jarum jam. Namun, apabila salah satu regu penerima servis akan memenangkan permainan, maka semua para pemain akan diberi hak untuk berpindah posisi caranya hanya dengan bergeser ke arah jarum jam.

Baca juga : Teknik Dasar Permainan Futsal

7. Lama permainan bola voli
Lama peraturan peraturan bola voli akan ditentukan dengan jumlah poin dalam sebuah set. Pada sistem rally poin ini, maka jumlah point yang harus diperoleh yakni 15 point.

8. Pemimpin pertandingan
Empat orang penjaga garis serta satu orang sebagai pencatat skor permainan, akan memimpin jalannya pertandingan dalam bola voli.

9. Sistem Libero
Peraturan peraturan permainan bola voli merupakan suatu sistem pada permainan yang mana setiap bola pertama akan diwakili oleh pemain yang diharapkan bisa menjadi Libero.

Baca juga : Teknik Servis Tenis Meja

10. Peraturan teknis permainan bola voli
Untuk peraturan permainan bola volly ini, setiap regu akan diberi hak yakni memainkan bola sebanyak-banyaknya 3 kali. Seorang pemain tak di izinkan memainkan bola lebih dari satu kali secara berturut-turut. Kemudian setiap regu yang melakukan servis jika memenangkan permainan maka berhak memperoleh satu tambahan poin.
Sebaliknya, jika tak bisa mengembalikan bola, maka poin akan diberikan kepada lawan. Bola hidup berarti mulai dipukul nya servis ball hingga bola akan menyentuh tanah.
Dalam servis, bola harus dilambungkan terlebih dahulu. Bola akan dinyatakan masuk jika bola tersebut jatuh dalam daerah garis lapangan atau bola akan jatuh tepat pada garis lapangan.

Nah itulah beberapa aturan dalam permainan bola voli yang harus Anda ketahui jika ingin bermain olahraga tersebut atau jika Anda sedang menonton pertandingan bola voli secara langsung atau melalui televise.

Incoming search terms:

  • peraturan bola voly donlow