Mengetahui struktur anatomi telinga manusia dan fungsinya bisa mendatangkan manfaat, sebab organ ini merupakan salah satu organ terpenting yang bisa membantu kita mengenali suara dan membantu keseimbangan serta posisi badan. Itulah sebabnya organ ini sangat dijaga agar selalu bisa berfungsi normal. Perlakuan terhadap telinga juga harus hati-hati karena merupakan organ yang sensitif.

Bagian bagian telinga dan fungsinya masing masing memang tidak harus dipelajari secara detail jika hanya untuk keperluan sehari-hari, tetapi tetap harus diketahui secara umum agar tidak salah dalam memperlakukannya. Telinga terdiri dari bagian2 telinga luar, tengah dan dalam. Untuk membersihkan bagian tengah telinga dan dalam tidak bisa sembarangan, sebab bagian ini sangat rawan.

STRUKTUR ANATOMI TELINGA MANUSIA BESERTA FUNGSINYA

Struktur anatomi telinga manusia dan fungsinya tidak hanya sebagai alat pendengaran. Ada lebih banyak fungsi yang kompleks di dalamnya. Setiap bagian bisa dilihat dalam gambar bagian telinga dan fungsinya yang dapat lebih menjelaskan letak dan kegunaan dari tiap organ. Walaupun tersembunyi, namun setiap bagian dari telinga memiliki fungsi yang penting.

Memahami pengertian telinga yang bukan hanya sebagai organ pendengaran akan membuat kita benar dalam pengambilan tindakan terhadap segala situasi yang menyangkut telinga. Bagian luar, bagian tengah dan bagian dalam telinga memiliki fungsi yang berbeda, strukturnya pun juga berbeda.

Penjelasan Struktur Anatomi Telinga Manusia Dan Fungsinya

Telinga Luar
Bagian ini terdiri dari aurikula atau daun telinga yang tersusun dari tulang rawan dan bentuknya khas. Fungsinya adalah menampung gelombang suara dan memusatkannya agar dapat masuk ke saluran telinga. Bagian luar telinga juga terdapat liang telinga. Fungsi liang telinga ini untuk menghubungkan daun telinga dan saluran telinga luar.

Ada juga analis auditoris eksternal atau saluran telinga luar. Fungsi saluran telinga luar adalah menghasilkan serumen yang bertindak sebagai penghalang benda asing masuk ke dalam telinga.
Selain itu, juga terdapat gendang telinga atau yang juga sering disebut dengan membran timpani. Gendang telinga berfungsi untuk menangkap gelombang suara. Selain bagian luar, struktur anatomi telinga manusia dan fungsinya masih banyak, terlebih yang ada di bagian telinga tengah dan juga dalam.

Telinga Tengah
Bagian telinga yang berbentuk rongga ini memiliki fungsi untuk mempertahankan tekanan udara agar seimbang. Sebelum mengetahui anatomi telinga dan fungsinya, maka harus memahami bagiannya terlebih dahulu. Telinga tengah terdiri dari tulang martil, landasan dan sanggurdi. Ketiga tulang rawan ini saling berhubungan.

Pada bagian tengah ini juga terletak bagian yang menjadi penghubung antara telinga dengan rongga mulut, yaitu Tuba Eustachius. Bagian ini juga merupakan bagian telinga yang berfungsi sebagai alat keseimbangan.

Telinga Dalam
Fungsi telinga bagian dalam adalah melindungi beberapa organ penting telinga. Bentuk dari bagian telinga yang terdiri dari membran dan tulang ini adalah labirin dan terbagi menjadi tiga bagian.
Di dalam telinga dalam terdapat rumah siput atau koklea. Di sebut rumah siput karena bentuknya memang menyerupai rumah dari hewan moluska tersebut. Fungsi koklea pada telinga adalah penyerap atau reseptor, sebab di dalam koklea terdapat sel-sel saraf. Bagian lain dari telinga dalam adalah vestibuli dan kanalis semisirkularis yang melengkapi

Baca juga : Fungsi Sistem Ekskresi Pada Manusia & Bagian Dan Fungsi Paru Paru

Pembahasan umum mengenai struktur anatomi telinga manusia dan fungsinya di atas masih jauh dari lengkap, tetapi sudah bisa menggambarkan secara garis besar apa saja yang ada di dalam telinga beserta manfaatnya. Untuk membersihkan telinga baik bagian luar, tengah maupun dalam sebaiknya dilakukan oleh orang yang ahli di bidang telinga.