Permainan Bola Voli merupakan permainan menggunakan bola besar. Lalu siapa pencipta permainan bola voli? Bola voli diciptakan oleh William G. Morgan pada tahun 1895 dengan nama minitonette yang sekarang ini disebut dengan Volley Ball atau Bola Voli. Permainan Voli bisa dimainkan di lapangan indoor ataupun outdoor dengan ukuran lapangan 18×9 meter dengan net untuk putra 2,43 meter sedangkan putri 2,24 meter.

Teknik dasar bola voli beserta gambarnya merupakan permainan yang memiliki kategori cukup sulit untuk dimainkan orang awam, hal ini dikarenakan untuk mempelajari teknik block dalam permainan bola voli biasanya Anda harus menahan sakit saat melakukan pukulan ini.

GAMBAR MACAM TEKNIK TEKNIK DASAR PERMAINAN BOLA VOLI SEPERTI SERVIS DAN BLOCK

Selain itu, Anda harus mempelajari teknik teknik dasar bola voli yang tak dapat dilakukan dalam waktu singkat. Maka dari itu, sebelum Anda mempelajari teknik yang lain, untuk menjadi seorang profesional Anda wajib mempelajari gerak dasar bola voli.

Teknik teknik dasar permainan voli terbagi menjadi 4 yakni Block, Service, Smash atau Spike lalu yang terakhir Passing, dimana semua teknik ini wajib dikuasai bagi semua pemain bola voli. Nantinya akan ada yang lebih ditonjolkan sesuai dengan posisi pemain, misalnya sebagai tosser Anda harus mahir untuk memberi umpan atau passing terhadap pemain yang akan melakukan smash.

Berikut beberapa teknik dasar dalam bermain voli:

1. Teknik dasar gerakan service

Teknik dasar service merupakan pukulan yang akan dilakukan dari daerah garis belakang lapangan permainan hingga melambung melewati atas net lalu mendarat di dalam area lawan. Umumnya teknik service dilakukan di awal permainan, saat terjadi penambahan point hingga terjadinya pelanggaran.

2. Teknik service bawah

Teknik service bawah umumnya dilakukan oleh pemula karena teknik dasar bola voli beserta gambarnya merupakan teknik yang terbilang mudah dan umum. Teknik ini memang tampak mudah. Namun jika dipraktekkan akan terlihat bahwa kesulitan ketika melakukan service bawah yakni dalam mengarahkan bola sesuai keinginan, dengan latihan yang rutin dan sering, Anda akan terbiasa melakukan service bawah.

TEKNIK DASAR SERVIS SERVICE BAWAH DALAM BOLA VOLI

3. Teknik service mengapung

Salah satu dari sekian macam macam servis dalam bola voli tak lain adalah teknik service mengapung atau floating overhand service. Teknik service dimana bola yang akan melambung tak berputar sehingga tampak mengapung atau mengambang di udara.

4. Overhand around house service

Teknik dasar bola voli beserta gambarnya yang satu ini mempunyai nama lain Hook Service. Service ini Terbilang sulit untuk dilakukan. Saar melakukan service ini Anda wajib mempunyai ketepatan ketika memukul bola agar dapat melewati net hingga bola harus berputar agar tak menjadi floating serve.

5. Teknik dasar gerakan passing

Dalam sejarah bola voli lengkap teknik dasar gerakan passing atau reception merupakan teknik yang memiliki tujuan untuk menerima, menahan hingga mengendalikan bola service dari pemain lawan. Teknik passing ini di bagi menjadi dua macam yakni passing atas dan passing bawah.
Berikut penjelasan passing beserta gambar permainan bola voli:

• Teknik dasar passing atas
Teknik Passing Atas merupakan teknik yang biasa digunakan ketika memberikan umpan atau set up dari tosser terhadap pemain yang akan melakukan smash. Maka dari itu, teknik passing atas ini sangat berguna dalam sejarah permainan bola volly dan permainan voli itu sendiri.

TEKNIK DASAR PASSING BOLA ATAS DALAM BOLA VOLLEY

• Teknik dasar passing bawah
Teknik dasar bola voli beserta gambarnya ini akan menjadi teknik yang penting bagi para pemain amatir agar menjadi seorang profesional. Karena teknik ini biasanya dilakukan ketika menerima bola service hingga smash dari lawan.

TEKNIK DASAR PASSING BAWAH DALAM BOLA VOLI
Itulah 5 teknik dasar permainan bola voli, jika Anda dapat menguasai dasar-dasar tersebut, maka Anda dapat menjadi pemain profesional