Olahraga merupakan suatu bentuk permainan yang mempunyai banyak persamaan dengan sepak bola bahkan pada teknik dasar permainan futsal pun sama dengan sepak bola. Dalam permainan futsal Anda harus menguasai strategi futsal paling jitu, terutama kemampuan dalam mengolah bola.

Perbedaan ukuran hingga permukaan lapangan yang ada dalam permainan futsal dan sepak bola akan menjadi salah satu hal yang membuat aturan main futsal sedikit berbeda dari sepak bola.

Dalam pertandingan futsal tak hanya membutuhkan skill individu dari para pemain saja, namun dibutuhkan pula sebuah strategi dan taktik dalam hal cara bermain futsal agar tidak cepat lelah.

Formasi futsal terbaik dalam permainan futsal menjadi hal yang mutlak diperlukan supaya terciptanya sebuah permainan tim yang akan solid sehingga dapat menghasilkan kerja sama yang apik hingga bersinergi untuk membangun sebuah serangan terhadap lawan, salah satunya dengan cara menendang bola futsal.

FORMASI DAN STRATEGI FUTSAL TERBAIK DILENGKAPI DENGAN CARA MENENDANG BOLA FUTSAL YANG KERAS DAN TERARAH

Berikut Ini Teknik Dasar Permainan Futsal Yang Perlu Anda Pahami:

Teknik mengumpan bola (passing)
Pada permainan futsal teknik dalam mengumpan bola merupakan suatu hal yang harus dikuasai oleh para pemain. Mengingat sepanjang pertandingan yang akan berlangsung, teknik peraturan bermain futsal ini sangat mendominasi karena ukuran lapangan futsal yang jauh kecil sehingga taktik dan strategi ini akan sering digunakan dengan teknik dasar permainan futsal passing untuk membangun variasi serangan.

Teknik menahan bola (control)
Dalam permainan futsal teknik yang harus Anda kuasai yakni kemampuan menahan atau mengontrol bola. Controlling merupakan salah satu teknik dasar dalam permainan yang harus dimiliki oleh seorang pemain saat menerima bola umpan dari para temannya supaya dapat dihentikan dan dikuasai dalam cara bermain futsal dengan tenang.

Teknik mengumpan bola lambung (chipping)
Pada aturan permainan futsal ini hampir sama dengan passing. Perbedaan hanya terletak pada chipping yang menggunakan kaki bagian atas ujung sepatu lalu ditendang mengenai bagian bawah bola. Chipping merupakan teknik dasar permainan futsal yang akan dilakukan untuk melambungkan bola supaya dapat naik ke atas saat ditendang dengan ujung kakinya sehingga dapat melewati para pemain lawan.

Teknik menggiring bola (dribbling)
Dribbling merupakan teknik dasar permainan futsal yang mana seorang pemain mempunyai kemampuan untuk menguasai bola dengan mengecoh lawannya. Teknik menggiring bola dalam permainan futsal ataupun sepak bola dapat dilakukan dengan cara berlari, berjalan, berputar hingga berbelok dengan kemampuan yang dimilikinya supaya lawan tak dapat merebut bola dari penguasaan regu Anda.

Teknik menembak (shooting)
Dalam pertandingan futsal sangat penting untuk mempunyai kemampuan shooting yang baik terlebih bagi pemain yang berada pada posisi depan. Teknik menembak (Shooting) merupakan teknik dasar dengan cara menendang bola futsal dengan keras dan terarah dengan tujuan dapat mencetak gol terhadap team lawan.

Baca juga : Teknik Dasar Permainan Tenis Lapangan

Teknik menyundul bola
Dalam permainan futsal teknik heading memang tidak sering digunakan selama pertandingan berlangsung, karena ukuran lapangan futsal yang terbilang kecil, sehingga lebih mendominasi bola-bola bawah dengan cara mengumpan pendek antar pemain.

Meskipun begitu, teknik menyundul bola ini sangat disarankan untuk dikuasai oleh para pemain futsal dalam hal trik bermain futsal melewati lawan seperti ketika bola sedang melambung di atas kepala baik itu dengan maksud mengumpan kepada teman satu timnya ataupun untuk memasukkan bola ke arah gawang lawan.

Dengan begitu lama permainan futsal yakni 45×2 akan dimenangkan oleh regu Anda, jika Anda dapat menguasai semua teknik dasar ini. Karena itu nama posisi dalam futsal akan aman dan regu Anda dapat membawa piala kejuaraan