Pengertian tenis lapangan merupakan jenis olahraga atau permainan yang akan dimainkan di atas rumput, namun memang semuanya sudah berkembang. Jika dahulu olahraga tenis akan dimainkan diatas rumput, berbeda dengan sekarang yang bermain di lapangan yang terbuat dari beton, semen, papan kayu hingga bahan keras lainnya.

Jika Anda memerhatikan, teknik dasar permainan tenis lapangan bukan hanya sekadar permainan olahraga biasa yang mampu menjadi pendukung dalam hal kebugaran tubuh.
Namun teknik pun dianggap sebagai olahraga menyenangkan karena akan menghasilkan kejuaraan dalam taraf nasional bahkan internasional. Agar dapat berprestasi sebagai pemain tenis yang berpengalaman dan profesional, maka peraturan tenis lapangan harus Anda pahami.

Berikut Teknik Dasar Permainan Tenis Lapangan:

Teknik memegang raket
Untuk olahraga tenis lapangan, salah satu dari sekian teknik tenis lapangan yang paling utama agar diketahui dan dipelajari yakni dengan cara memegang raket tenis. Sebelum Anda mengetahui cara bermain dasar dalam tenis lapangan, memegang raket harus dilakukan dengan benar agar teknik pukulan tenis lapangan pun dapat berjalan dengan baik. Cara memegang raket tenis ada 3 yakni western, continental, dan forehand eastern.

Teknik servis
Salah satu teknik dasar permainan tenis lapangan dari beberapa jenis olahraga yakni servis, termasuk dengan tenis lapangan. Servis adalah teknik dasar berupa pukulan untuk membuka permainan dan itulah mengapa pukulan pionir ini dianggap vital bagi para pemain tenis untuk menguasainya. Ada 3 teknik servis yang dikenal dengan slice service, cannon ball/flat serve, dan American twist.

MACAM TEKNIK SERVIS DALAM OLAHRAGA TENIS LAPANGAN

Teknik dasar memukul bola
Dalam permainan olahraga tenis lapangan, jenis pukulan akan dibagi menjadi beberapa tipe yang harus Anda pahami satu per satu jika ingin mulai belajar mengenai tenis dan memainkannya secara benar.

Berikut Ini Beberapa Pukulan Dalam Teknik Dasar Permainan Tenis Lapangan:

1. Pukulan Lob
Jenis teknik pukulan ini pun kerap disebut dengan teknik pukulan melambung yang mana pukulan akan dilakukan sedikit pelan namun bola melambung melewati lawan hingga akhirnya dapat jatuh di bagian garis belakang.

2. Pukulan Voli
Jenis materi tenis lapangan yang satu ini merupakan salah satu teknik dasar yang harus Anda pelajari di mana sebelum bola akan jatuh ke lapangan, maka Anda dapat melakukan pukulan ini.

3. Pukulan Overhead Smash
Teknik dasar permainan tenis lapangan akan menggunakan pukulan dengan tujuan utamanya yakni mematahkan bola lambung yang terletak dalam net. Apabila dibandingkan dengan pegangan dan pelaksanaannya, maka bisa dikatakan teknik ini sangat mirip dengan servis, namun Anda tak perlu mengayunkan raket ke bawah lebih dulu hingga ke belakang kepala raket secara langsung.

TEKNIK PUKULAN OVERHEAD SMASH TENIS LAPANGAN

4. Pukulan Chop
Jenis atau gambar tenis lapangan pukulan satu ini harus dilakukan oleh pemain dari atas ke bawah sehingga bola tenis dapat berputar ke belakang. Akibatnya, bola akan berjalan jauh lebih lambat dan melambungnya pun tak begitu tinggi sesudah terpantul terhadap lantai. Pukulan ini bisa memberikan manfaat yang tak terduga apabila dilakukan dengan benar.

5. Pukulan Backhand
Ketika melakukan pukulan ini, maka Anda harus melakukan pegangan secara forehand eastern dan setelah itu dilanjutkan dengan memutarnya ¼ lingkaran kerah kiri. Raket pun harus Anda pegang kuat-kuat agar pukulan bisa terkendali dengan baik. Anda dapat mengubah posisi raket ini ketika raket dibawa ke sisi kiri tubuh Anda.

BACKHAND - TEKNIK PUKULAN DALAM TENIS LAPANGAN
Teknik Pukulan Backhand

Itulah sepintas mengenai teknik bermain tenis, mulai dari teknik dalam memegang raket yang benar teknik servis tenis lapangan hingga teknik memukul bola yang benar selama pertandingan atau permainan sedang berlangsung. Hal ini dilakukan agar permainan dapat menjadi lebih bagus, pastinya teknik-teknik dasar permainan harus Anda kuasai secara optimal